Posted by : Desria Alisyah Jumat, 21 Oktober 2016


Pengertian dan fungsi RSS Feeds pada browser internet. Dan contoh aplikasi RSS reader


RSS merupakan kependekan dari Really Simple Syndication. Sedangkan ditinjau dari pengertiannya RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. 

Feed adalah pengumpul untuk mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Feed ini bisa berupa program komputer atau layanan yang berbasis online.
  • Fungsi RSS Feeds pada aktifitas browsing 
Fungsi RSS dapat dianalogikan sebagai loper koran. Jika isi situs adalah koran dan Anda adalah pembaca koran, maka RSS adalah loper koran yang akan mengirimkan koran tersebut kepada Anda. Tentu saja sebelumnya Anda harus mendaftarkan diriterlebih dahulu agar tercatat sebagai pelanggan koran tersebut.
  •  Contoh penggunaan RSS reader
Untuk mengakses suatu content RSS, Anda harus memiliki suatu RSS Reader. RSS Reader adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membaca isi dari suatu RSS. Ada beberapa jenis RSS Reader, ada yang berbasis aplikasi, ataupun berbasis web. Bahkan beberapa browser telah mempunyai RSS Reader terintegrasi pada aplikasinya. Contoh RSS berbasis web adalah Google Reader. RSS Reader berbasis aplikasi artinya Anda harus menginstal aplikasi RSS Reader di komputer Anda, beberapa diantaranya adalah
a.    MS Outlook 2007 bagi Anda yg menggunakan MS Office Outlook 2007, bisa langsung menggunakan fasilitas RSS Reader. Caranya: klik menu Mail di sebelah kiri, di Mail Folders akan terlhat folder RSS Feeds. 
b.  Omea Reader adalah salah satu dari sekian banyak Free RSS Reader yang banyak bertebaran diInternet.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kpop is My Life - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -