Posted by : Desria Alisyah Jumat, 21 Oktober 2016


Langkah Aktifasi dan Pengaturan POP3 pada Gmail dan Email Client 


---POP3---

POP (Post Office Protocol) merupakan protocol yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa perlu koneksi yang lama dari Internet. POP3 (POP - Version 3) merupakan POP yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client untuk mengakses e-mail yang ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP Server melalui POP client.


POP3 memungkinkan Anda untuk men-download pesan email pada komputer lokal Anda dan membacanya bahkan ketika Anda sedang offline dan berfungsi untuk menarik atau mengambil email dari server email yang digunakan.


Untuk menggunakan POP3 bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan POP3 di perlukan settingan:

•    Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
•    Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
•    Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
•    Account Name : anda@domainanda.com
•    Password : password yang telah anda buat sebelumnya


---Email Filtering---

Email Filtering adalah suatu fungsi untuk memisahkan atau memilah email-email berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.


---Email Forwarding---

Email forwarding adalah fasilitas untuk mengalihkan semua email dari satu alamat ke alamat yang lain.


Contoh penggunaan:

Anda memiliki satu email utama utama@domain .com lalu anda ingin memiliki email support@domain.com. Agar anda tidak harus login ke 2 account untuk memeriksa email anda, anda dapat mengalihkan email support@domain.com ke alamat email utama anda yaitu utama@domain.com.


Caranya:
1.    Login di cpanel server anda
2.    Klik tombol / link mail
3.    Klik link forwarders
4.    Klik link add forwarder
5.    Masukkan alamat email yang akan dialihkan ke dalam kotak sebelah kiri (contoh: support)
6.    Pilih nama domain di kotak tengah
7.    Masukkan alamat email tujuan ke dalam kotak sebelah kanan (contoh: utama@domain.com)
8.    Klik tombol add forwarder


Setelah melakukan step di atas, setiap email yang ditujukan ke support@domain.com akan anda terima di email utama anda utama@domain.com


 --Cara aktifasi dan pengaturan POP3 pada Gmail dan email client--
1.    Masuk/Login ke Account Gmail, kemudian klik pada menu SETTING. Klik Setting pada email Gmail  

2.    Aktifkan fasilitas POP nya, pilih menu : Enable POP  for all mail, pada option When Messages are accessed with POP pilih  delete  Gmail’s  copy  (dengan mengaktifkan ini, maka saat email di download/dibaca menggunakan Email Client, maka di inbox Gmail akan dihapus. Ini berguna supaya tidak terjadi duplikasi saat akan mendownload email di waktu yg berbeda.

3.    Langkah selanjutnya klik SAVE CHANGES. Selesai mengaktifkan fitur POP pd Gmail, sekarang dilanjutkan melakukan setting pada Email Client, dalam hal ini Outlook Express.

4.    Klik tombol START di taskbar : START > ALL Programs>Outlook Express

5.    Buat konfigurasi  account email pada email client dengan cara : Klik Tools > Accounts

6.    Klik ADD > MAIL

7.    Isi nama yang kita inginkan tampil di depan alamat email kita pada kolom DISPLAY NAME, kemudian klik NEXT

8.    Isikan alamat email kita pada kolom  Email  Address,  klik  NEXT  :

9.    Pilih POP3 pada My Incoming Mail Server is___server

10.    Pada kolom Incoming Mail isikan : pop.gmail.com

11.    Pada kolom Outgoing Mail isikan : smtp.gmail.com.

12.    Klik NEXT

13.    Isikan alamat email pada kolom ACCOUNT NAME

14.    Isikan password pada kolom PASSWORD

15.    Hilangkan tanda centang pada LOG ON SECURE PASSWORD AUTHENTICATION

16.    Klik NEXT

17.    Klik FINISH

18.    Pilih tab MAIL, klik PROPERTIES

19.    Pada tab ADVANCED

20.    Isikan pada kolom SMTP: 465, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE 
CONNECTION (SSL)

21.    Isikan paa kolom POP3: 995, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL)

22.    Hilangkan centang pada bagian DELIVERY > LEAVE A COPY OF MESSAGES ON SERVER hal ini mencegah duplikasi email jika dilain waktu akan mendownload email lagi.

23.    Klik pada tab SERVER 

24.    Cek apakah sudah seperti gambar di atas. Klik APPLY kemudian OK

25.    Sekarang saatnya kita mulai menerima/mendownload email dari Account Email kita. Klik panah kecil disamping tombol SEND/RECV,pilih RECEIVE ALL.

26.    Proses download email ke inbox email client dimulai. Pada proses ini jendela bisa kita sembunyikan dengan klik HIDE

27.    Selama proses download ini, kita bisa melanjutkan aktivitas spt biasa. Jika email yang ada di inbox kita jumlahnya banyak, maka proses ini bisa memakan waktu yang lama.

28.    Langkah selanjutnya adalah mencari dimana email tersebut tersimpan.

29.    Dari menu TOOLS > OPTIONS

30.    Terbukalah menu options, pilih tab MAINTENANCE

31.    Klik pada tombol STORE FOLDER

32.    Akan terbuka jendela STORE  LOCATION, klik kanan pada kolom  Your  personal message store  is  located  in  the  following  folder maka akan tampil seperti gambar berikut ini. Selanjutnya pilih SELECT ALL.

33.    Kemudian ulangi klik kanan dan pilih COPY

34.    Kemudian klik cancel dan keluar/tutup aplikasi Outlook Express.

35.    Selanjutnya buka aplikasi  Windows  Explorer,  caranya kalau pakai  Windows  XP, klik Start > AllPrograms > Accesories > Windows Explorer

36.    Pada jendela WINDOWS EXPLORER , klik kanan pada kolom  ADDRESSS, pilih menu 
PASTE

37.    Tekan ENTER

38.    Bisa dilihat bahwa terdapat file dengan extention  .dbx karena email2 kita tersimpan di Inbox maka kita  COPY  file  Inbox.dbx  kemudian kita simpan pada file tersebut pada flashdisk atau hardisk external.


39.    Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi OUTLOOK EXPRESS dan bisa dilihat pada inbox kita sudah terisi dengan email sama seperti yang kita download. Jadi email2 tersebut bisa kita baca secara offline.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kpop is My Life - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -